Indonesia penghasil rotan terbesar di dunia

"Indonesia penghasil rotan terbesar di dunia"

Kata rotan berasal dari bahasa melayu raut yang berarti mengupas atau menguliti, rotan merupakan salah satu sumber hayati indonesia dan penyumbang devisa yang cukup besar bagi negara.


Rotan dapat tumbuh hampir di setiap daerah, habitat
rotan pada umumnya daerah yang tinggi dan tidak terlalu basah dan terlalu kering, namun da juga rotan
yang mampu bertahan hidup di daerah yang kering dan tergenang air. Rotan jenis Calamus manan dan C. Ortonus tumbuh di hutan primer, sedangkan Plactocomiopsis geminiflora tumbuh di hutan sekunder, karena membutuhkan banyak cahaya.



Manfaat rotan

Rotan secara umum di gunakan sebagai bahan untuk mebel dan prabot rumah tangga, seperti keranjang, tikar, lampit dan tali. Sifat rotan yang lentur juga dapat di manfaatkan untuk berbagai macam kerajinan seperti tas dan aneka macam hiasan. Bahkan rotan dapt di manfaatkan sebagai jembatan. Rotan berukuran kecil biasanya di gunakan untuk tali atau lampit, sedangkan rotan berukuran besar diatas 18mm dapat di gunakan untuk bahan kerajinan, mebel, aneka hiasan dan mainan.

Daerah penghasil rotan

Daerah utama penghasil rotan di Indonesia adalah kalimantan, sumatra, sulawesi dan papua. 80% kebutuhan rotan dunia selama ini di penuhi oleh indonesia yang di kenal sebagai negara penghasil rotan terbesar. Selain rotan yang di budidayakan, beberapa wilayah di indonesia mempunyai hutan rotan yang dapat di panen setiap periode tertentu.....



0 Response to "Indonesia penghasil rotan terbesar di dunia"