manfaat dan khasiat jamur kuping dalam bidang kedokteran

Jamur kuping merupakan beberapa jenis
jamur yang sangat di gemari karena kelezatan dan khasiat nya.
Jamur kuping ini mudah di proleh di pasar – pasar, baik dalam bentuk jamur segar maupun yang sudah di keringkan.



Manfaat dan khasiat jamur kuping dalam bidang medis
            Dalam sebuah jurnal kedoktean di cina “The Chinese medical journal” telah di laporkan tentang manfaat dan khasiat jamur kuping , baik secara langsung sebagai campuran untuk bahan – bahan makanan maupun dalam bentuk ekstrak. Sejak beratus – ratus tahun yang lalu jamur kuping telah di manfaatkan sebagai bahan campuran resep makanan, bahan pengental dan sebagai bahan obat – obatan.


            Suplemen Vitamin B3 atau niacin yang terdapat pada jamur kuping ternyata dapat mencegah kanker. Vitamin ini biasanya di berikan kepada penderita yang sedang menjalani kemo terapi, kususnya untuk mengurangi efek toksis atau peracunan dari kemo terapi itu sendiri. Hasil penelitian oleh Popov bahkan menuturkan bahwa “ pemberian kombinasi niacin dan aspirin pada penderita kanker kandung kemih yang ternyata bisa menurunkan angka kekambuhan dan bisa memperpanjang usia harapan hidup pada penderita kanker”.

            Kandungan niacin yang terdapan dalam jamur kuping juga bisa berpengaruh terhadap pengurangan peracunan yang di timbulkan oleh bahan anti kanker, antaralain akibat oleh pemakaian obat – obat sintetik. Sebagai mana di ketahui bahan kimia sintetik dapat menjadi faktor pencetus karsinogenik yang mengakibatkan kegagalan sel – sel kanker. 



1 Response to "manfaat dan khasiat jamur kuping dalam bidang kedokteran"

Imam said...

terimakasih banyak untuk infonya, ternyata jamur memiliki manfaat yang banyak juga ya.